BAB SHAHIH DAN MU’TAL
1. Fi’il Shahih
Adalah kalimah fi’il yang bentuk hururf-huruf aslinya, bebas dari huruf illah (و – ا – ي).
Termasuk golongan Fi’il Shahih adalah:
1. Fi’il Bina’ Shahih/Salim (lihat Bina’ shahih di page Belajar I’lal – BINA’ SHAHIH)
2. Fi’il bina’ Mahmuz (tentang Bina’ Mahmuz di page Belajar I’lal – BINA’ MAHMUZ)
3. Fi’il bina’ Mudha’af (tentang Bina’ Mudha’af di page Belajar I’lal – BINA’ MUDHA’AF)
1. Fi’il Mu’tal
Adalah kalimah fi’il yang salah satu atau dua huruf asalnya teridiri dari huruf illah (و – ا – ي).
Termasuk golongan fi’il mu’tal adalah:
1. Fi’il Bina’ Mitsal (tentang Bina’ Mitsal di page Belajar I’lal – BINA’ MITSAL)
2. Fi’il bina’ Ajwaf (tentang Bina’ Ajwaf di page Belajar I’lal – BINA’ AJWAF)
3. Fi’il bina’ Naqish (tentang Bina’ Naqish di page Belajar I’lal – BINA’ NAQIS)
4. Fi’il bina’ Lafif Mafruq (tentang Bina’ Lafif Mafruq di page Belajar I’lal - BINA’ LAFIF)
5. Fi’il bina’ Lafif Maqrun (tentang Bina’ Lafif Maqrun di page Belajar I’lal – BINA’ LAFIF)
◊◊◊
Pengamalan Tashrif Fi’il Shahih dan Fi’il Mu’tal.
Untuk Bina’ shahih atau
Fi’il Salim, ia tidak mengalami perubahan dalam mengikuti standar
wazannya (tashrif ishthilahi) pun ketika musnad/disandarkan kepada Isim
Dhamir atau Isim Zhahir –tunggal/dual/jamak (tashrif secara lughawi).
Contoh untuk bina’ shahih نَصَرَ :
MUSNAD KEPADA | FI’IL MUDHARI’ | FI’IL MADHI |
---|---|---|
Orang ketiga male | يَنْصُرُ يَنْصُرانِ يَنْصُرونَ |
نَصَرَ نَصَرَا نَصَرُوا |
Orang ketiga female | تَنْصُرُ تَنْصُرَانِ يَنْصُرْنَ |
نَصَرَتْ نصَرتَا نَصَرْنَ |
Orang kedua male | تَنْصُرُ تَنْصُرَانِ تَنْصُرُوْنَ |
نَصَرْتَ نَصَرْتُمَا نَصَرْتُمْ |
Orang kedua female | تَنْصُرِيْنَ تَنْصُرَانِ تَنْصُرْنَ |
نَصَرْتِ نَصَرْتُمَا نَصَرْتُنَّ |
Orang pertama | أَنْصُرُ نَنْصُرُ |
نَصَرْتُ نَصَرْنَا |
Untuk tiap Fi’il selain Bina’ Shahih,
diberlakukan juga seperti tashrif Bina’ Shahih didalam mengikuti
wazannya tanpa mengalami perubahan yg berarti, kecuali sebagai berikut:
1. Bina’ Mahmuz,
jika pada awal kalimahnya terdapat dua hamzah beriringan, maka hamzah
yang kedua diganti Huruf Mad yang sesuai dengan harkah hamzah yang
pertama (lihat » Kaidah I’lal ke 11).
→ Pelainan bagi lafazh أَخَذَ – أَكَلَ – أَمَر yang harus membuang
hamzah kedua-duanya pada bentuk Fi’il Amarnya menjadi خُذْ – كُلْ –
مُرْ.→ Juga lafazh رَأَىْ dibuang Hamzahnya ‘ain fi’ilnya pada bentuk fi’il mudhari’ dan fi’il amarnya, menjadi يُرَىْ – رَ .
→ Juga lafazh أََََرَىْ yg berwazan أَفْعَلَ dibuang Hamzah ‘ain fi’ilnya pada semua bentuk tashrifannya, menjadi أَرَىْ – يُرَىْ – أَرَ.
2. Bina’ Mudha’af,
harus mengalami proses Idgham yaitu memasukkan salah satu dari dua
huruf yang sejenis pada salah satu yang lannya, contohمَدَّ – يَمُدُّ. ( lihat » Kaidah I’lal ke 10)
→ Jika huruf yang pertama berharkah dan yang kedua sukun, maka tidak
boleh di-idgham bilamana sukunnya karena bersambung dengan dhamir rafa’
mutaharrik, contoh: مَدَدْتُ – يَمْدُدْن→ Jika dijazemkan pada Fi’il Mudhari’nya atau jika dibentuk Fi’il Amar. maka boleh memilih dua pilihan; tetap di-idgham atau tanpa di-idgham. contoh: لم يَمُدّ – مُدّ atau لم يَمْدُد – اُمْدُد. Bilamana di-idghamkan maka boleh harkah terakhir diharkati Fathah karena ringan, atau diharkati Kasrah karena asal takhallush, atau diharkati Dhammah karena mengikuti harkah ‘Ain Fi’il-nya. maka untuk lafazh مدّ boleh tiga pemilihan karakah. dan untuk lafadz عضّ boleh dua pemilihan harakah.
3. Bina’ Mitsal,
dibuang Fa’ Fi’ilnya pada bentuk Fi’il Mudhari’ dan Fi’il Amar-nya
bilamana ia Bina’ Mitsal Wawiy dan ‘Ain Fi’ilnya ber-harkah kasrah.
contoh: يعد – يزن – عد – زن. (lihat » Kaidah I’lal ke 7).
→ Maka tidak boleh dibuang yg seperti contoh ينَعَ – يينَع→ Pelainan atau Syadz untuk lafazh يدَع – يذَر – يسَع – يضَع – يطَأ – يقَع – يهَب.
4. Bina’ Ajwaf,
dibuang ‘Ain Fi’ilnya, jika huruf terakhir disukunkan karena jazm atau
dibentuk Fi’il Amar. contoh: لم يقم – لم يبع – لم يخف – قم – بع – خف. (lihat » Kaidah I’lal ke 9 )
→ Demikian juga dibuang Ain Fi’ilnya, bilamana bersambung dengan
Dhomir Rofa’ Mutaharrik, contoh: قمت – بعنا – خفتم – يقمن – يبعن – خفن.
dalam hal ini huruf pertamanya ada yang diharkati Dhammah ataupun
Kasrah, untuk menunjukkan pada bentuk huruf yang dibuang wau atau ya’,
seperti contoh قمت dan بعت. dan terkadang diharkati Kasrah untuk
menunjukkan pada Harkahnya huruf yang dibuang, seperti kita lihat pada
contoh خفتم.
5. Bina’ Naqish,
dibuang Lam Fi’ilnya bilamana bersambung dengan dhamir Wau Jama’ atau
Ya’ muannats mukhatabah kemudian pada ‘ain fi’ilnya diharkati dengan
harkah yang sesuai dengan huruf dhamir tsb seperti contoh رَضُوا –
تَدْعِيْن kecuali jika Lam Fi’ilnya yang dibuang itu berupa Alif, maka
‘Ain fi’ilnya tetap lazim berharkah Fathah contoh: سعَوا – تخشَين. (proses lanjutan dari Kaidah I’lal ke 5 dan juga Kaidah I’lal ke 1)
→ Juga dibuang Lam Fi’ilnya bilamana ia berupa Alif (atau setelah proses Kaidah I’lal ke 1 )
dan bersambung dengan Ta’ ta’nits contoh: رَمَتْ – رَمَتَا. Tapi
bilamana ia bersambung dengan selain dhamir Wau atau Ya’ (dari dhamir
bariz muttashil), maka tidak boleh dibuang akan tetapi dikembalikan pada
huruf asalnya (sebelum proses Kaidah I’lal ke 1) demikian
ini untuk Fi’il tiga huruf contoh غَزَوْتُ – رَمَيْتُ – غَزَوَا –
رَمَيَا. dan diganti Ya’ bilamana termasuk pada fi’il empat huruf,
contoh: أَغْزَيْتُ – اِهْتَدَيَا – يُسْتَدْعَيْنَ.
6. Bina’ Lafif Mafruq, berlaku pengamalan seperti yang dialami Bina’ Mitsal dan Bina’ Naqish.
7. Bina’ Lafif Maqrun, berlaku pengamalan seperti yang dialami Bina’ Naqish saja.
Isim mu`tal
Adalah dimana ada isim yang huruf akhirnya berupa huruf illat (alif dan ya`).
Isim mu`tal dibagi menjadi dua macam
1. mu`tal alit معتل الف contoh المصطفى atau bisa kita sebut
dengan اسم مقصور
2. mu`tal ya معتل ياء contoh : المرتقى atau disebut dengan اسم منقوص
isim maqsur اسم مقصور adalah isim yang huruf akhirnya adalah berupa
huruf alif lazimah الف لازمة (tetap) dan huruf sebelum alif dibaca fathah.
Contoh : المصطفى , المرتضى
Adapun i`robnya isim maqsur adalah muqoddar (مقدر) artinya tingkah
rofa`, nashob dan jer itu semua di kira-kirakan.
Contoh : جَاءَ الْمصطفَى (رفع) رأيتُُ الْمصطَفَى (نصب) مررت بِالْمصْطَفَى (جر)
Isim manqush اسم منقوص
=======================
Adalah isim yang akhirnya berupa ya` lazimah ياء لازمة, dan huruf
sebelumnya dibaca kasroh.
Contoh : المرتقي, القاضى
Adapun i`robnya isim manqus ketika rofa` dan jer itu dikira-kirakan.
Contoh : جاءَ الْمرتَقِى ومررتُ بِالْمرتَقِى
Dan ketika tingkah nashob dengan fathah dhohiroh .
Contoh : رأيتُ الْمُرْتَقِيَ
Fi`il mu`tal فعل معتل
========================
Adalah dimana ada fi`il yang huruf akhirnya berupa huruf illat (حرف علة) .
Contoh : يغزو, يخشى, يرمي
Ada tiga macam fi`il mu`tal :
1. mu`tal wawu معتل واو contoh : يغزو
2. mu`tal alif معتل الف contoh : معتل ألف
3. mu`tal ya` معتل ياء contoh : يرمي
i`robnya fiil mu`tal adalah sebagai berikut :
1. apabila itu beurpa mu`tal wawu معتل واو, mka ketika rafa`
itu adalah مقدرة (dikira-kirakan)
contoh : يدعو
Apabila tingkah nashob maka dengan fathah dhohiroh
Contoh : لن يدعُوَ
Apabila tingkah jazem maka hadzfu harfi illat حذف حرف علة "membuang
huruf illat".
Contoh : لم يدعُ
2. jika berupa mu`tal alif معتل الف pada tingkah rofa`
muqoddar مقدر
contoh : يخشى.
Dan nashob juga muqoddar مقدر contoh : لن يَخْشىَ
Dan tingkah jazem dengan membuang huruf illat.
Contoh : لَمْ يَخْشَ
3. dan apabila berupa mu`tal ya` maka pada tingkah rofa`
muqoddar.
Contoh : يرمى
Dan tingkah nashob dengan fathah dhohiroh فتحة ظاهرة
Contoh : لن يرميَ
Dan tingkah jazem dengan membuang huruf ya`.
Contoh : لم يَرْمِ
Isim mu`tal dibagi menjadi dua macam
1. mu`tal alit معتل الف contoh المصطفى atau bisa kita sebut
dengan اسم مقصور
2. mu`tal ya معتل ياء contoh : المرتقى atau disebut dengan اسم منقوص
isim maqsur اسم مقصور adalah isim yang huruf akhirnya adalah berupa
huruf alif lazimah الف لازمة (tetap) dan huruf sebelum alif dibaca fathah.
Contoh : المصطفى , المرتضى
Adapun i`robnya isim maqsur adalah muqoddar (مقدر) artinya tingkah
rofa`, nashob dan jer itu semua di kira-kirakan.
Contoh : جَاءَ الْمصطفَى (رفع) رأيتُُ الْمصطَفَى (نصب) مررت بِالْمصْطَفَى (جر)
Isim manqush اسم منقوص
=======================
Adalah isim yang akhirnya berupa ya` lazimah ياء لازمة, dan huruf
sebelumnya dibaca kasroh.
Contoh : المرتقي, القاضى
Adapun i`robnya isim manqus ketika rofa` dan jer itu dikira-kirakan.
Contoh : جاءَ الْمرتَقِى ومررتُ بِالْمرتَقِى
Dan ketika tingkah nashob dengan fathah dhohiroh .
Contoh : رأيتُ الْمُرْتَقِيَ
Fi`il mu`tal فعل معتل
========================
Adalah dimana ada fi`il yang huruf akhirnya berupa huruf illat (حرف علة) .
Contoh : يغزو, يخشى, يرمي
Ada tiga macam fi`il mu`tal :
1. mu`tal wawu معتل واو contoh : يغزو
2. mu`tal alif معتل الف contoh : معتل ألف
3. mu`tal ya` معتل ياء contoh : يرمي
i`robnya fiil mu`tal adalah sebagai berikut :
1. apabila itu beurpa mu`tal wawu معتل واو, mka ketika rafa`
itu adalah مقدرة (dikira-kirakan)
contoh : يدعو
Apabila tingkah nashob maka dengan fathah dhohiroh
Contoh : لن يدعُوَ
Apabila tingkah jazem maka hadzfu harfi illat حذف حرف علة "membuang
huruf illat".
Contoh : لم يدعُ
2. jika berupa mu`tal alif معتل الف pada tingkah rofa`
muqoddar مقدر
contoh : يخشى.
Dan nashob juga muqoddar مقدر contoh : لن يَخْشىَ
Dan tingkah jazem dengan membuang huruf illat.
Contoh : لَمْ يَخْشَ
3. dan apabila berupa mu`tal ya` maka pada tingkah rofa`
muqoddar.
Contoh : يرمى
Dan tingkah nashob dengan fathah dhohiroh فتحة ظاهرة
Contoh : لن يرميَ
Dan tingkah jazem dengan membuang huruf ya`.
Contoh : لم يَرْمِ
ISIM DITINJAU DARI SEGI BUN-YATI (JENIS HURUF)
Isim ditinjau dari segi bun-yati atau
jenis huruf terbagi menjadi dua bagian, yaitu:
1.
Isim shohih akhir, dan
2.
Isim ghair shahih
Isim shohih akhir ialah isim yang seluruh
hurufnya memiliki harokat dan berbunyi secara normal, atau bisa dikatakan huruf
akhir dalam isim tersebut bukan huruf illat. Contoh: رَجُلٌ, ذَكَرٌ
Dalam isim shahih ada pula yang di sebut
dengan isim syibhu shahih akhir, yaitu apabila ada huruf illat namun
sebelumnya ada huruf yang berharokat sukun, seperti: ظِبْيٌ, هَدْيٌ.
Sedangkan isim ghair shahih akhir ialah
isim yang terdapat padanya huruf illat. Isim ghair shahih akhir terbagi
menjadi 3 bagian, yaitu:
1.
الاسم المقصور
(isim maqshur)
2.
الاسم المنقوص
(isim manqush)
3.
الاسم ممدود
(isim mamdud)
Isim Maqshur
Isim maqshur ialah semua isim mu’rob yang
huruf akhirnya adalah huruf alif laajimah ashliyah. Isim maqshur ada
yang ditulis dengan alif seperti: العَصَا, dan ada pula yang ditulis dengan ya’ seperti: مُوْسَى.
Namun alif yang terdapat dalam isim
maqshur tidak selamanya alif lajimah ashliyah, adakalanya alif tersebut alif
manqalibah (pengganti) dan kadang-kadang alif majîdah (tambahan).
Alif pengganti terbagi kepada 2, yaitu
pengganti dari و dan pengganti dari ي.
Alif pengganti dari و
digambarkan dengan ا (alif). Contoh alif
sebagai pengganti dari و: العَصَا.
Dan alif sebagai pengganti dari ي
digambarkan dengan ى. Contoh alif sebagai pengganti
dari ي : الفَتَى.
Hal ini dapat diketahui bentuk mutsana dari dua contoh tersebut
yaitu: عَصْوَانِ,
dan فُتْيَانِ.
Adapun alif majiidah ialah alif
yang ditambahkan pada isim untuk menunjukan muanats. Seperti: الحُبْلَى yang berasal dari kata الحُبْلُ.
Maka alif ini dinamakan dengan alif
maqsuroh. Adapun penggambaran alif maqshurah tergantung dari asal
kata pada kalimat tersebut. Apabila asal katanya 4 huruf atau lebih dan 3 huruf
namun huruf aslinya huruf ي, maka digambarkan dengan huruf ى,
seperti: مُسْطَفَى, مُسْتَشْفَى, الفَتَى. Dan digambarkan dengan huruf
alif apabila huruf asalnya itu و,
seperti: العَصَا, العَلَا,
الرِبَا .
Isim maqshur terbagi menjadi 2 macam, yaitu: maqshur qiyasi
dan maqshur samâi.
Dalam isim maqshur qiyasi terdapat 10
macam isim yang mu’tal akhir, yaitu:
1.
Masdar dari fiil lajim atas wazan فَعِلَ dengan dikasrohkan ainnya
wazannya فَعَلٌ dengan difathahtai. Seperti: رَضِيَ رِضًا
2.
Apabila atas wazan فِعَلٍ
dengan dikasrohkan fa’ fiilnya maka menjadi fathah ainnya dan merupakan
jama’ dari فِعْلَةٌ dengan dikasrohkan fa’nya maka menjadi sukun ‘ainnya.
Seperti: مِرًى
jamaknya مِرْيَةٌ
3.
Apabila keadaanya atas wazan فُعَلَ dengan di domah fa’nya maka menjadi fathah ‘ainnya dan
merupakan jamanya فُعْلَةً dengan di domah fa’nya maka menjadi sukun ‘ainnya. Seperti: عُرًى jamaknya عُرْوَةٌ
4.
Apabila keadaanya atas wazan فَعَلَ dengan difathah keduanya dari antara isim jinsi (isim jenis)
yang menunjukan kepada banyak apabila banyak apabila kosong dari huruf ‘ta’.
Seperti: حَصَاةٍ jadi حَصًى
5.
Isim maf’ul yang menunjukan pekerjaan yang
telah lalu yang terdiri dari tiga huruf. Seperti: مُصْطَفًى
6.
Wazan مَفْعَلٌ
dengan difathah mim dan ainnya yang menunjukan kepada masdar, isim jaman dan
isim makan. Seperti: المَحْيَا
7.
Wazan مِفْعَلٌ
dengan dikasroh mim dan ‘ain yang menunjukan isim alat. Seperti: المِكْوَى
8.
Wazan اَفْعَلُ
sebagai sifat untuk menunjukan tafdzil (keutamaan) atau ghoir tafdzil
(bukan keutamaan). Seperti: الاَحْوَى
9.
Jama muanats dari اَفْعِلَ
untuk menunjukan tafdzil (nilai keutamaan). Seperti: الدُنْيَا
10.
Muanats dari wazan اَفْعَلَ unutk menunjukan tafdzil (nilai keutamaan) dari shahih
atau mu’tal akhir.
Adapun pengharokat akhiran isim maqshur
terbagi mejadi 3, yaitu:
1.
Dhomah muqodaroh, apabila dalam keadaan mafru’
2.
Fathah muqodaroh, apabila dalam keadaan manshub
3.
Kasroh muqodaroh, apabila dalam keadaan majrur.
Isim Manqush
Isim manqush ialah isim mu’rab
yang akhirnya huruf ي
yang terletak setelah huruf shahih yang kasroh, seperti: القَادِى, الرَاعِى. Jika ي
tersebut tidak disebut atau berharokat sukun maka bukan isim manqush,
seperti: اَخِيْكَ, dan begitupula jika huruf
sebelumnya tidak berharokat kasroh, maka itu bukan manqush, seperti: ظِبْيٌ.
Isim manqush jika dalam posisi marfu maka
harokat akhirnya ialah dhomah muqodarroh, karena orang arab sulit untuk
mengucapkannya. Dan juga jika dalam keadaan majrur maka menggunakan kasroh
muqodaroh, dengan alasan yang sama. Namun apabila dalam keadaan mansub maka
tetap menggunakan fathah dzohiroh.
Jika dalam keadaan nakiroh maka ya’nya
dibuang, kalau keadaannya marfu dan majrur, namun jika keadaannya manshub maka ya’
tetap disebut. Dan jika dalam keadaan ma’rifat maka ya’nya tetap disebut atau ditulis
namun tidak berharokat atau tidak berbunyi.
Apabila isim manqush dalam keadaan mutsana
maka ya’ yang telah dibuang disebut kembali. Seperti:قَضْيَانِ
Isim Mamdud
Isim mamdud ialah isim mu’rab yang huruf
akhirnya adalah huruf hamzah dan terletak setelah alif jaidah. Contoh: السَمَاءُ, الصَحْرَاءُ.
Jika sebelum hamzah itu bukan alif jaidah
maka tidak bisa dikatakan isim mamdud. Seperti المَاءُ,
alifnya bukan alif jaidah tapi alif pengganti, yaitu dari kata مَوَءُ, dengan alasan dilihat dari
bentuk jama’nya yaitu اَمْوَاء.
Hamzah yang terdapat dalam isim mamdud terbagi
menjadi 4 macam, yaitu:
1.
hamzah asli
seperti قَرَأَ,
2.
hamzah pengganti dari و dan ي, seperti سَمَاءُ yang berasal dari kata سَماَوُ dan بِنَاءَ yang berasal dari kata بِنَايَ.
3.
Tambahan untuk menunjukan muanats, seperti صَحْرَاءُ
4.
Tambahan untuk menunjukan jama’, seperti عَظْمَاءُ
Isim mamdud terbagi menjadi 2 bagian
yaitu: isim mamdud qiyasi dan isim mamdud samâi. Adapun isim
mamdud qiyasi terbagi menjadi 7 macam, yaitu:
1.
Masdar dari fiil majid yang huruf awalnya huruf
hamzah, seperti: اَتَى اَيْتَاءُ, اَعْطَى اَعْطَاءَ
2.
Menunjukan kepada suara, yaitu bentuk masdar fiil
atas wazan فَعَلَ يَفْعُلُ
,
seperti: رَغَا البَعِيْرُ يَرْغُوْ رُغَاءَ
3.
Masdar yang berwazan فِعَالَ, seperti: عَادًى عِدَاءَ
4.
Apabila dari isim-isim yang terdiri dari 4 huruf
dan bentuk jama’nya berwazan اَفْعِلَةٌ,
seperti: رَدَاءَ اَرْدِيَةٌ, غَطَاءَ اَغْطِيَةٌ
5.
Bentuk masdar atas wazan تَفْعَالُ atau تِفْعَالُ,
seperti: مَشَى, يَمْشِى, تَمْشَاءُ
6.
Bentuk dari
sifat-sifat atas wazan فَعَّالَ atau مِفْعَالَ lil-mubalaghah.
Seperti: العَدَاءِ dan المِعْطَاءِ
7.
Bentuk muanats dari kataاَفْعَلَ yang bukan menunjukan tafdil, seperti: اَحْمَرَ menjadi حَمْرَاءَ.
Adapun isim mamdud sama’i ialah isim
mamdud yang tidak termasuk kedalam 7 jenis diatas, seperti: الفَتَاءُ, السَنَاءُ
Tidak ada komentar:
Posting Komentar